Rangkaian Pernikahan/Perkawinan Adat Sunda

 UPACARA ADAT SUNDA DI BANDUNG CALL/SMS 0857-2139-0877

Upacara Adat Perkawinan / Pernikahan Sunda Lengkap :
 


Pemandu Seserahan 

Siraman & Ngeuyeuk Seureuh diiringi musik Kecapi Suling. Sawer, buka pintu, huap lingkung setelah akad nikah. Upacara penyambutan pengantin/Mapag Panganten dengan karawitan/gamelan diiringi penari, pembawa payung, dan lengser untuk resepsi. 

Tarian hiburan (Salah satu : Topeng, Merak, Jaipongan, dll) menggunakan kaset.

M.C Adat dan M.C Umum untuk akad nikah dan resepsi, Wedding.

ngeuyeuk_seureuh
Add caption

Tata perkawinan adat sunda di Jawa Barat dimulai dengan adat meminang. Keluarga calon mempelai pria berkunjung ke rumah calon mempelai wanita untuk mengetahui sejumlah keterangan mengenai calon memperalai wanita. Tahap ini disebut nanyaan. Apabila status sang gadis sudah jelas, dan kedua orang tua setuju, kegiatan dilanjutkan dengan neundeun omong.

Disediakan waktu beberapa pekan atau bulan setelah neundeun omong sebelum mencapai proses selanjutnya, yakni nyeureuhan atau ngalamar (melamar). Waktu yang disediakan itu dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada kedua keluarga untuk saling mengenal. Dahulu, keluarga pengantin pria selalu membawa bingkisan sirih lengkap yang dibungkus rapi disertai sejumlah uang. Pasalnya, ngalamar berarti sirih atau menyatukan menjadi satu. Jika pihak keluarga calon pengatin wanita membuka dan langssung dimakan bersama-sama itu menandakan lamaran sang pria diterima. Sementara uang yang diserahkan saat prosesi ini berfungsi sebagai penyangcang atau mengikat sekaligus merupakan ukuran besar uang yang akan diberikan calan pengatin pria kelak untuk biaya pernikahan.

Di dalam buku Upacara Perkawinan Adat Sunda karya Thomas Wiyasa Bratawidjaja (1990) disebutkan, upacara seserahan biasanya berlangsung sehari atau dua sebelum acara pernikahan. Orang tua dan calon pengantin pria datang ke rumah calan pengantin wanita sambil membawa barang-barang keperluan calon pengantin wanita serta peralatan untuk upacara ngeuyeuk seureuh.

Upacara ini dipimpin oleh seorang wanita “berumur” yang disebut pangeuyeuk. Tujuannya untuk memberikan nasihat kepada kedua calon mempelai dalam menjalankan hidup berumah tangga. Setelah panyeuyeuk menjelaskan arti bahan-bahan ngeuyeuk seureuh kepada calon pengantin, bahan-bahan yang diperlukan disimpan di kamar pengantin untuk upacara akad saat pernikahan berlangsung. Sementara bahan-bahan yang tidak diperlukan disimpan diatas tikar teertutup dan ditumpahkan di perempat jalan terdekat. Dahulu prosesi ini digunakan untuk mengumumkan kepada pendduduk desa bahwa di daerah itu akan ada orang tua yang mengawiinkan putrinya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengajian, ngecagkeun aisan/ngaras sampean, lalu ngibakan atau ngebakan (siraman). Setelah itu, kedua calon pengantin mengikuti upacara ngeningan atau mengerik bulu-bulu halus yang ada di wajah, kuduk, leher, serta memotong rambut didahi untuk membentuk amis cau, dan membuat godeng lengkungan di batas pipi. Sementara untuk calon mengantin pria, ngeningan hanya untuk membersihkan bulu halus.

Setelah pelaksanaan akad nikah, kedua mempelai melakukan sembah sungkem kepada orang tua, dilanjutkan dengan prosesi sawer. Menurut Ketua bidang Kepribadian Ikatan Ahli Kecantikan dan Pengusaha Salon Indoensia Tiara Kusuma Jawa Barat Hj. Yetty Kurniati, di dalam acara saweran, kedua mempelai diberi nasihat yang makna rohaninya sangat tinggi. Nasihat itu disampaikan dalam kidung (nyanyian empat baris) atau sekar macapat, seperti dangdanggula, kinanti, sinom, asmarandana, dan sebagainya.

Prosesi berikutnya, pengantin meuleum harupat dan nincak endog. Prosesi ini mengandung pesan dan juga melambangkan harapan bahwa istri mampu menjadi penenang suami dan bersama-sama membuang sifat yang tidak baik.

Tata upacara adat Sunda juga meliputi prosesi ngalangkah barera, di mana kedua mempelai bersama-sama melangkahi barera sebagai simbol menuju kehidupan yang baru. Ada pula adat “buka pintu” dimana mempelai pria berada di luar rumah dan mempelai wanita berada di dalam rumah. Melalui komunikasi berbalas pantun atau kidung, mempelai wanita meminta suaminya untuk membacakan syahadat sebelum diizinkan memasuki rumah.

Setelah diperbolehkan memasuki rumah, kedua mempelai yang telah syah sebagai suami istri kemudian menempati pelaminan lalu melakukan prosesi huap lingkung dan pabetot-betot bakakak hayam. Ini bermaksa tugas orang tua untuk membimbing anak-anaknya telah selesai dan diserahkan kepada pengatin untuk membina rumah tangga yang rukun dan sejahtera.

Satu lagi prosesi adat yang selalu hadir dalam pernikahan orang Jawa Barat adalah mapag panganten oleh lengser dan penari merak. Ketua Ikatan Ahli Kecantikan dan Penguasa Salon Tiara Kusuma Jawa Barat Hj. Uun Unajah mengatakan, lengser merupkan simbol dari tetua adat atau kokolot yang memandu jalan pengantin meuju pelamian. Ini mengandung arti bahwa dalam menjalani perkawinan pasangan harus berjalan lurus dan selalau setia. Sementara kehadiran pera menari merak merupakan bentuk penyambutan luar biasa kepada pengantin yang dianggap sebagai raja dan ratu sehari.

Diluar upacara-upacara adat ini masih banyak upacara adat lain dalam prosesi pernikahan adat Sunda, seperti ngunduh mantu, munjungan, serta ngarunghal.***

Sumber: Lia Marlia – Weyatini/*Pikiran Rakyat

Jalan Rumah Sakit Gg H Wahab RT 04/04 Ujung Berung Bandung
Telp/ SMS 
0857-2139-0877


Upacara, Adat, Sunda, Degung, Kacapi Suling, Mapag Panganten, Prosesi Seni, Upacara Adat, Tembang Sunda, Celempungan / Kawih, Kiliningan, Tari Klasik, Tari Jaipongan, Ngaras / Siraman / Ngeuyeuk Seureuh, Electone, Photography, Video, Upacara Adat, Upacara Sunda, Degung, Kacapi Suling, Upacara Mapag Panganten, Upacara Prosesi Seni, Upacara Adat, Tembang Sunda, Celempungan / Kawih, Kiliningan, Tari Klasik, Tari Jaipongan, Ngaras / Siraman / Ngeuyeuk Seureuh, Electone, Photography, Video, Upacara Adat Sunda, Upacara Sunda, Degung, Kacapi Suling, Upacara Sunda Mapag Panganten, Upacara Sunda Prosesi Seni, Upacara Adat Sunda, Tembang Sunda, Celempungan / Kawih, Kiliningan, Tari Klasik, Tari Jaipongan, Ngaras / Siraman / Ngeuyeuk Seureuh, Electone, Photography, Video, Upacara Adat Sunda, Upacara Sunda, Degung, Kacapi Suling, Upacara Adat Sunda Mapag Panganten, Upacara Adat Sunda Prosesi Seni, Upacara Adat Sunda, Tembang Sunda, Celempungan / Kawih, Kiliningan, Tari Klasik, Tari Jaipongan, Ngaras / Siraman / Ngeuyeuk Seureuh, Electone, Photography, Video.

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Dear groom & bride to be.. Cari gedung pernikahan di bandung dan di tengah kota? Ga mau ribet urusin pernikahan? Punya konsep pernikahan yang ELEGANT & MEWAH? HIS Wedding & Organizer solusinya. Karena kami menghadirkan Gedung Convention Hall Rasa Hotel yang FULL CARPET & FULL AC yaitu BALAI SARTIKA CONVENTION HALL. Kita menyediakan PAKET ALL IN PACKAGE agar lebih praktis dan bekerjasama dengan VENDOR TERNAMA DI KOTA BANDUNG. PAKET SUDAH TERMASUK: 1. Wedding Consultant 2. 8 Wedding Organizer Fasilitas : 1. Venue FULL CARPET di Balai Sartika Convention Hall - AC Central | Standing AC | FAsilitas gedung sudah tercover 2. Catering - Bebas memilih Vendor 3. Dekorasi All Area - Bebas memilih Vendor 4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih Vendor 5. Dokumentasi Prewed-Siraman&Pengajian-Akad-Resepsi - Bebas memilih Vendor 6. Music Entertainment - Bebas memilih Vendor 7. Upacara Adat - Bebas memilih Vendor 8. MC Akad-Resepsi 9. Acara Adat Siraman & Pengajian 10. Wedding Organizer (WO) 11. BONUS COFFEE BREAK PROMO DESEMBER : BONUS HONEYMOON BALI PRIME 3D2N & PERHIASAN FRANK N CO Mau tanya-tanya boleh langsung hubungi Zulfa 089611648377 (Fast Respon)

Zulfa Balai Sartika mengatakan...

Dear groom & bride to be.. Cari gedung pernikahan di bandung dan di tengah kota? Ga mau ribet urusin pernikahan? Punya konsep pernikahan yang ELEGANT & MEWAH? HIS Wedding & Organizer solusinya. Karena kami menghadirkan Gedung Convention Hall Rasa Hotel yang FULL CARPET & FULL AC yaitu BALAI SARTIKA CONVENTION HALL. Kita menyediakan PAKET ALL IN PACKAGE agar lebih praktis dan bekerjasama dengan VENDOR TERNAMA DI KOTA BANDUNG. PAKET SUDAH TERMASUK: 1. Wedding Consultant 2. 8 Wedding Organizer Fasilitas :
1. Venue FULL CARPET di Balai Sartika Convention Hall - AC Central | Standing AC | FAsilitas gedung sudah tercover
2. Catering - Bebas memilih Vendor
3. Dekorasi All Area - Bebas memilih Vendor
4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih Vendor
5. Dokumentasi Prewed-Siraman&Pengajian-Akad-Resepsi - Bebas memilih Vendor
6. Music Entertainment - Bebas memilih Vendor
7. Upacara Adat - Bebas memilih Vendor
8. MC Akad-Resepsi
9. Acara Adat Siraman & Pengajian
10. Wedding Organizer (WO)
11. BONUS COFFEE BREAK

Mau tanya-tanya boleh langsung hubungi Zulfa 089611648377 (Fast Respon)

Zulfa Balai Sartika mengatakan...

HIS balai sartika memiliki konsep One Stop Wedding Service kak, keuntungan One stop wedding service yang ditawarkan ini antara lain:

1. Tidak repot dalam memilih, menghubungi dan tidak repot untuk tawar-menawar harga lagi dengan vendor.
2. Selain mendapatkan Wedding Organizer yang Profesional juga mendapatkan Wedding Consultant, yaitu aku yang siap menghandle seluruh persiapan menuju hari-H.
3. Kualitas Gedung & pilihan Vendor Premium di Kota Bandung.
4. Sudah Mengcover seluruh kebutuhan teteh mulai :
-Gedung
-Catering
-Dekor
-Rias busana & Make up
-Fotografi
-Entertaiment
-MC
-Upacara Adat
-Wedding car
-Wedding Organizer & Wedding Consultant
Untuk pemilihan vendor pun sangat fleksibel karena banyak pilihan vendor yg disediakan :)
More Info Zulfa 089611648377 (WA)

HIS BALAI SARTIKA mengatakan...

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi akang dan teteh calon penganten Kota Bandung.

Bagi akang teteh yang sedang mencari gedung penikahan, wedding organizer, dan ingin mendapatkan vendor-vendor terbaik di Kota Bandung tidak perlu khawatir karena aku dari HIS Balai Sartika Convention Hall akan membantu keinginan akang dan teteh untuk menciptakan pernikahan impian akang dan teteh nih. Di HIS Balai Sartika Convention Hall sekarang sudah One Stop Wedding Service yang dimana nanti mulai pre wedding, wedding day, dan post wedding akan ada yang membantu dan memberikan saran untuk pernikahannya teteh dan akan ada pendampingan hingga acara pernikahannya. Akang dan teteh bisa menentukan vendor-vendor yang di dinginkan nanti akan aku kasih referensi nya.

Di HIS Balai Sartika sudah full carpet, Lokasi yang sangat strategis dekat dengan Tol Buah Batu dan Moh.toha, AC nya pun sudah centaral, terdapat 4 ruang rias (2 VIP makeup room), kapasitasnya pun hingga 2000pax, untuk parkir kendaraan mencapai 600 kendaraan. Hanya dengan BOOKING 5JUTA akang dan teteh bisa mendapatkan bonus UMRAH untuk 2 orang atau Honeymoon ke MALDIVES selama 5 Hari 4 Malam!!!

Ingin mendapatkan info selanjutnya ? Langsung hubungi aja ke :
ROSIANTI,
WA ( 085624295686 )
IG ( rosi.hisbalaisartika )
E-mail ( rosianti.hiscorp@gmail.com )

dfdfd mengatakan...

Hubungi : 0822 – 9914 – 4728 (Rizky)
Menikah adalah tujuan dan impian Semua orang, Melalui HIS Graha Elnusa Wedding Package , anda bisa mendapatkan paket lengkap mulai dari fasilitas gedung full ac, full carpet, dan lampu chandeliar yg cantik, catering dengan vendor yang berpengalaman, dekorasi, rias busana, musik entertainment, dan photoghraphy serta videography.
Kenyaman dan kemewahan yang anda dapat adalah tujuan utama kami.

tresnaafrianti mengatakan...

Hi brides & grooms to be, lagi cari gedung utk acara pernikahan di Kota Bandung? Gedung HIS Balai Sartika Convention Hall bisa jadi pilihan kamu loh karena sekarang udh full carpet & lampu chandelier. Selain itu HIS Balai Sartika Convention Hall juga menyediakan paket pernikahan yang fleksibel dan pilihan vendornya ada banyak banget, bisa pilih sesuai keinginan kamu. Ohya, sekarang lagi ada promo menarik juga loh yaitu CASHBACK dan HONEYMOON PACKAGE! Untuk informasi lengkapnya, hubungin aja Tresna (+6281312214233), FREE KONSULTASI!!

rica mengatakan...

Dear Akang & Teteh Calon Pengantin,

Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

Sebelumnya apakah Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya.

PAKET SUDAH TERMASUK :
1. Venue full carpet di Balai Sartika Convention Hall.
2. Catering - Bebas memilih vendor.
3. Dekorasi all area - Bebas memilih vendor.
4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih vendor.
5. Dokumentasi Prewedding-Siraman-Akad-Resepsi.
6. Music Entertainment - Bebas memilih vendor.
7. Upacara Adat.
8. MC Akad & Resepsi.
9. Acara Adat Siraman & Pengajian.
10. Wedding public relations & wedding planner untuk calon pengantin.
11. Wedding executor by HIS.

KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
1. Ballroom Full AC.
2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal.
3. Ruang rias ekslusif.
4. 350 kursi permanen, sudah termasuk listrik 15.000 watt & genset.
5. Service dari Wedding Public Relations, Wedding Planner & Wedding Executor di HIS Balai Sartika.
6. Free Charge Kebersihan, Free Charge Masjid dan Akses Tol & Jalan Mudah.
7. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin.
8. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica Valenti), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Balai Sartika di Jalan Suryalaya Indah no 1-3 Bandung.

Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
INSTAGRAM : @his_balaisartika

Diantos Akang Teteh..